Selasa, 08 November 2011

Bab 5 Jenis dan cara kerja peralatan intput


Jenis dan cara kerja peralatan Input

  1. Keyboard
Keyboard ( papan tombol ) adalah alat input yang paling umum, dan banyak digunakan . input dimasukan ke alat proses dengan cara mengetikan lewat penekanan tombol yang ada di keyboard.
Keyboard sebagai alat input langsung , biasanya didampingi dengan suatu tampilan ( display ) yang akan menampilkan apa yang ditekan dikeyboard . keyboard dengan display ini merupakan suatu terminal .
  1. Mouse
Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Dengan menggeser mouse dibidang datar , misalnya meja cursor dilayar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Setelah kursor menempati posisi tertentu dilayar yang diinginkan , anda dapat menekan tombol yang ada di mouse untuk beberapa keperluan, tergantung dari program yang digunakan , misalnya untuk memilih suatu pilihan dilayar.
  1. Pen dan Graphics tablet
Dengan light pen memungkinkan anda untuk menyentuh suatu titik di layar dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Kalau pada touch screen anda menyentuh dengan tangan , maka pada light pen anda menyentuh posisi di layar dengan pen tersebut .
            Graphics tablet
Alat ini memungkinkan anda untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan  dua buah titik di graphic tablet dengan menggunakan alat menyerupai pen ,selanjutnya hasil dari grafik akan tampak dilayar.
  1. Trackball
Trackball adalah alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan/menurunkan layar.
  1. Joystick
       Joystick merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas (pada joystick absolut) atau dengan tekanan pada tuas (pada joystick terkendalu atau joystick isometrik. Pada joystick biasanya terdapat tobol yang dapat diilih atau diasoasikan dengan papan ketik.
Alat ini digunakan untuk memindahkan obyek gambar dalam layar monitor, fungsinya hampir sama dengan mouse namun joystick hanya digunakan untuk program game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar