Senin, 07 November 2011

Bab 4 Model komputer dan prinsip kerjanya


Bab 4
Model komputer dan prinsip kerjanya

1. Supercomputers
    Disebut juga dengan nama parallel processor, karena super komputer adalah komputer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara parallel.
Contoh; perusahaan telkom PTT di Belanda yang menggunakan sebanyak 48 processor yang parallel.
Penggunaan super komputer memungkinkan penerapan sistem time-sharing yang lebih efektif. Ribuan terminal dapat dihubungkan dengan super computer dan ribuan pemakai dapat menggunakannya pada saat yang bersamaan.
2. Mainframe computer
    Kebanyakan menggunakan sistem multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage serta bersifat multi user dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan buah.
3. Mini computer
    Kompoter mini dapat bersifat multi-user ( pemakaiannya banyak ) yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai.  Bentuk dari komputer mini cukup kecil
4. Personal computer ( PC )
    Komputer Pribadi, mikrokomputer ini dimungkinkan oleh dua inovasi teknis di bidang mikroelektronika: sirkuit terpadu, atau IC, yang dikembangkan pada tahun 1959, dan mikroprosesor, yang pertama kali muncul pada tahun 1971.  IC diizinkan miniaturisasi sirkuit sebuah chip silikon tunggal. mengelola aliran data, ada potensi untuk mengembangkan sistem yang terpisah yang dapat berfungsi sebagai mikrokomputer lengkap.
5. Hand Held Computers
   Sebuah komputer portabel yang cukup kecil untuk dipegang di tangan seseorang. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, handheld komputer belum diganti komputer notebook karena mereka yang kecil keyboard dan layar  yang secara khusus dirancang untuk memberikan PIM (personal information manager) fungsi, seperti kalender buku dan alamat.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar